top of page
Writer's pictureDA

PDIP Minta Pemprov DKI Gratiskan Uji Emisi Kendaraan Bermotor Warga


Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta mendorong Pemprov DKI agar menggratiskan uji emisi kendaraan bermotor bagi warga yang tinggal di Jakarta.


Upaya ini dilakukan untuk merangsang pemilik kendaraan agar melaksanakan uji emisi sehingga emisi gas buang sesuai baku mutu yang ditetapkan.


Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, pemerintah daerah sebetulnya wajib menggratiskan uji emisi kendaraan warganya.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta ini meyakini, DKI memiliki anggaran yang cukup untuk menutupi biaya uji emisi kendaraan.

“Ya iya dong (gratis), itu kewajiban kita (pemerintah) loh. Berapa duit sih itu yang namanya uji emisi itu? Anggaran kita masih cukup untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta,”
“Jangan takut kalau untuk kayak gitu. Ini untuk anak-cucu kita. Untuk lingkungan itu kita wariskan kepada anak dan cucu,”

Selain uji emisi digratiskan, kata dia, pemerintah daerah perlu memperbanyak gerai atau lokasi pelaksanaan uji emisi tersebut. Pemerintah daerah tidak bisa bergerak sendirian, tapi harus bisa melibatkan pihak swasta, terutama pelaku industri otomotif.

“Ketika gerai-gerai uji emisi sudah banyak di semua wilayah saya yakin akan tertarik. Jadi mereka membangun kesadaran lebih baik dibandingkan dengan menghukum orang (sanksi tilang),”

Menurut dia, sanksi tilang yang akan diberlakukan aparat penegak hukum pada November 2023 mendatang dianggap kurang efektif.


Dibanding memberikan sanksi tilang, Sekretaris DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta ini menyarankan, agar memasifkan pelaksanaan uji emisi.

“Itu yang paling penting, sebab ditilang juga bukan syarat kontinyu, tidak menyelesaikan persoalan. Kita ini kan seolah-olah mau mematikan api ketika sudah membara. Kita tidak pernah preventif. Padahal program uji emisi sudah beberapa tahun yang lalu, tapi ketika ada persoalan (polusi) baru digalakkan,”

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya telah menggalakkan sosialisasi dan uji emisi gratis di Ibu Kota.


Upaya ini dilakukan agar emisi gas buang kendaraan sesuai baku mutu lingkungan yang ditetapkan.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul PDIP Minta Pemprov DKI Gratiskan Uji Emisi Kendaraan Bermotor Warga, https://wartakota.tribunnews.com/2023/10/10/pdip-minta-pemprov-dki-gratiskan-uji-emisi-kendaraan-bermotor-warga.


Comments


bottom of page