top of page
Writer's pictureDA

PDI Perjuangan Soroti Fenomena Numpang KK demi Sekolah di Jakarta: Perketat Pengawasan



Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta menyoroti fenomena siswa numpang kartu keluarga (KK) ke saudara agar bisa bersekolah di Jakarta. PDI Perjuangan menilai perlu ada evaluasi sehingga bisa meminimalkan kasus tersebut.

"Persoalan ini selalu menjadi catatan penting pada proses PPDB (penerimaan peserta didik baru) yang terselenggara setiap tahunnya. Ini anomali yang tentunya wajib untuk segera dievaluasi guna memastikan sistem PPDB yang lebih inklusif dan sempurna,"

Rio meminta agar Pemprov serius memperhatikan fenomena tersebut. Apalagi Pemprov disebut sedang merapikan pendataan penduduk di Jakarta.

"Saya mengimbau Pemprov benar-benar memaksimalkan fungsi data online Dukcapil, sehingga risiko terhadap nitip/numpang KK bisa diminimalisir. Bukan hanya terkait pendaftaran sekolah negeri saja melainkan juga untuk data penyaluran bantuan sosial bagi warga Jakarta,"

Rio mengatakan munculnya fenomena numpang KK itu menandakan adanya masalah. Dia menyinggung soal pengawasan Pemprov DKI.

"Hal ini tentunya menunjukkan adanya masalah pada sistemik yang dipicu oleh peraturan di level Pusat dan integrasi antar-stakeholder. Selain itu, masalah pengawasan di lapangan perlu diperketat dan diberikan sanksi tegas agar tidak ada lagi praktik 'nitip' anak di KK orang lain atau saudara di Jakarta,"

Anggota Komisi A DPRD DKI itu ingin agar PPDB di DKI Jakarta benar-benar transparan dan adil untuk anak-anak asli Jakarta. Jangan sampai ada praktik kecurangan demi bisa masuk sekolah negeri di Jakarta.

"Kita ingin mengedepankan prinsip keadilan dan transparansi bagi seluruh warga DKI Jakarta. Dan peranan warga Jakarta dibutuhkan untuk turut andil dalam mengawasi dan melaporkan jika menemukan indikasi dan dugaan kecurangan dalam proses PPDB,"

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berbicara mengenai banyaknya warga domisili luar Jakarta yang menitipkan 'anaknya' ke saudara dengan cara menumpang KK demi bisa masuk ke sekolah Jakarta. Atas fenomena itu, Heru memandang perlunya pemerataan pendidikan di daerah luar Jakarta.





Artikel ini telah tayang di detiknews.com dengan judul "PDIP Soroti Fenomena Numpang KK demi Sekolah di Jakarta: Perketat Pengawasan" https://news.detik.com/berita/d-7425515/pdip-soroti-fenomena-numpang-kk-demi-sekolah-di-jakarta-perketat-pengawasan.



Comments


bottom of page