top of page
Writer's pictureGA

PDI Perjuangan DKI Jakarta Sodorkan 106 Bacaleg Ingin Cetak Sejarah di Ibu Kota Bidik 33 Kursi

Updated: Jul 19



Mayoritas anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta kembali maju menjadi bakal calon legislatif (caleg) di Parlemen Kebon Sirih, Jakarta Pusat.


Hingga kini, DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta masih menunggu surat keputusan (SK) dari DPP PDIP ihwal nama bacaleg yang disetujui untuk Pileg 2024 mendatang.


Sekretaris DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, pihaknya telah menyodorkan 106 nama bacaleg ke DPP PDI Perjuangan sejak beberapa bulan lalu.


Dari 106 nama yang disodorkan, beberapa di antaranya merupakan bacaleg petahana atau yang masih menjabat sebagai anggota DPRD DKI Jakarta.


“Dari Fraksi PDI Perjuangan, ada juga yang nggak maju (kembali), yang tidak maju itu kecil persentasenya,” ujar Gembong saat ditemui di DPRD DKI Jakarta pada Rabu (3/5/2023).


Meski demikian, Gembong enggan membocorkan figur yang tidak kembali maju sebagai bacaleg di DPRD DKI Jakarta.


Dia beralasan, hal itu merupakan hak dari yang bersangkutan dan pada waktunya akan disampaikan kepada publik.


“Pertimbangan tidak maju hanya bersangkutan yang tahu, dan yang jelas kalau pertimbangannya apa itu nantilah,” kata Gembong berkelakar.


Menurutnya, DPD sudah melakukan wawancara dan seleksi kepada kandidat bacaleg PDIP beberapa waktu lalu. Hasil seleksi itu, kemudian disampaikan kepada DPP untuk diskrining kembali.


Kata dia, DPD dan DPP sudah dua kali melakukan pembahasan kepada para bacaleg tersebut. Pembahasan pertama diikuti oleh Ketua Bidang Keanggotan dan Organisasi DPP PDIP Sukur Nababan; Ketua Bidang Kehormatan Partai DPP PDIP Komarudin Watubun; dan Wakil Sekjen DPP PDIP Eriko Sotarduga.


Sementara pembahasan kedua pada Sabtu (29/4/2023) lalu, dipimpin oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Pembahasan itu, lanjut Gembong, dilakukan secara satu per satu kepada masing-masing bacaleg.


“Ditanya satu per satu, Pak Sekjen ingin mengetahui tingkat ketokohan dan potensi yang bersangkutan mendapatkan suara, dan sebagainya untuk disesuaikan dengan target partai,” ucap Ketua Fraksi PDI PerjuanganDPRD DKI Jakarta ini.

“Misalnya saya, Gembong tingkat ketokohannya bagaimana? Lalu target suara misalnya 20.000, ditanya bagaimana cara mendapatkan suara tersebut? Jadi ditanya Pak Sekjen karena dia harus mendapatkan gambaran (strategi) bacaleg itu,” lanjutnya.


Diketahui, PDI Perjuangan merupakan partai pemenang dalam Pileg 2019 lalu. Partai bergambar banteng dengan moncong putih itu mendapatkan 25 kursi di Parlemen Kebon Sirih, sehingga berhak mendapat jatah Ketua DPRD DKI Jakarta.


Ingin Cetak Sejarah di Ibu Kota, Bidik 33 Kursi DPRD Provinsi DKI Jakarta


Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta berkeinginan mengukir sejarah di Ibu Kota pada Pemilu 2024 mendatang.


PDIP DKI Jakarta bertekad membidik 33 kursi di Parlemen Kebon Sirih, Jakarta Pusat di Pemilu 2024 nanti sekaligus melebihi pencapaian pada periode sebelumnya.


Sekretaris DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, pada Pileg 2019 lalu pihaknya telah mendapatkan 25 kursi.


Pada Pileg 2024 mendatang, PDIP Perjuangan memiliki tiga target demi mempertahankan kursi Ketua DPRD DKI Jakarta.


“Target minimal Pileg 2024, kami mengembalikan suara yang hilang yaitu 28 kursi, target rasional kami 30 kursi dan target maksimal kami 33 kursi,” ujar Gembong saat ditemui di DPRD DKI Jakarta pada Rabu (3/5/2023).

Menurut dia, sejauh ini belum ada partai yang mampu memperoleh 33 kursi di DPRD DKI Jakarta. Terakhir kali Partai Demokrat memperoleh 32 kursi pada Pileg 2009 lalu.


Gembong mengungkapkan, kader yang akan ditetapkan sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) mendapatkan tiga tugas dari partai.


Pertama, memenangkan partai, kedua memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024, dan ketiga memenangkan dirinya sendiri dalam kontestasi Pileg.


Hingga kini, kata dia, DPD PDIP telah ‘memanaskan’ mesin partai untuk menghadapi Pemilu 2024 mendatang.


Selain pembekalan para kader yang bakal menjadi bacaleg, mereka juga dituntut untuk selalu hadir di tengah masyarakat, terutama ketika mengalami musibah.

“Mesin partai sudah kami siapkan jauh-jauh hari,” ucap anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta ini.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul


PDIP DKI Jakarta Ingin Cetak Sejarah di Ibu Kota, Bidik 33 Kursi Parlemen di Pemilu 2024, https://wartakota.tribunnews.com/2023/05/03/pdip-dki-jakarta-ingin-cetak-sejarah-di-ibu-kota-bidik-33-kursi-parlemen-di-pemilu-2024.

Opmerkingen


bottom of page