top of page
Writer's pictureGA

PDI Perjuangan Cermati Sejumlah Nama Kandidat Calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI, Akui Ahok-Anies Masuk Radar



Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) masih mencermati sejumlah nama kandidat yang akan diusulkan sebagai Calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024.


Penjelasan itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto di Posko Teuku Umar Nomor 9, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024) malam.


Menurutnya, nama-nama yang masuk akan tersaring sesuai dengan usulan dari masing-masing daerah, sehingga dirinya belum bisa menyebut nama kandidat.


“Nama-nama akan tersaring sesuai dengan usulan dari daerah-daerah. Mohon maaf belum bisa kami sebut nama-nama yang terdaftar karena masih melakukan proses pencermatan,” tuturnya, dikutip dari YouTube KompasTV.

Hasto menyampaikan hal itu sebagai respons pertanyaan tentang peluang PDI-P menduetkan Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta atau sebaliknya Ahok-Anies.


Ia menjelaskan, nama kandidat bakal calon gubernur dan wakil gubernur diusulkan oleh DPD dan DPD. Saat ini, nama-nama itu masih proses penjaringan di tingkat provinsi.


“Kalau gubernur diusulkan dari DPC dan DPD partai, dan nama-nama tersebut sekarang baru proses penjaringnan di tingkat provinsi untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur,” jelasnya.

Hasto pun menegaskan bahwa PDI-Perjuangan merupakan partai demokrasi yang berkarakter Indonesia, sehingga proses pengusulan nama kandidat dilakukan dari bawah.


"Kita kan partai demokrasi yang berkarakter Indonesia, sehingga nama-nama itu diusulkan dari bawah," ujar dia.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Hasto juga menuturkan bahwa  PDI-Perjuangan akan terus menjaring nama-nama yang bakal diusung pada Pilkada serentak 2024.


"Nama-nama terkait dengan siapa yang jadi calon gubernur di wilayah-wilayah yang menjadi sorotan publik, seperti Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, kemudian Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Utara, termasuk Papua dan Aceh, terus dilakukan pencermatan," bebernya.

Diketahui,  pendaftaran penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada 2024 melalui PDIP dilakukan mulai Rabu (8/5) besok hingga Senin (20/5) mendatang.


Opmerkingen


bottom of page