top of page
Writer's pictureSA

Legislator Sebut Sekolah Gratis Kurangi Tingkat Putus Sekolah


Anggota DPRD DKI Jakarta Ima Mahdiah menyebut kebijakan sekolah gratis di Jakarta digulirkan untuk mengurangi tingkat putus sekolah. Pasalnya, lanjutnya, angka putus sekolah di Jakarta meningkat.


"Langkah ini untuk mengurangi anak putus sekolah. Pengangguran meningkat kenapa?, karena ketika mereka sudah sekolah swasta," kata Ima dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Kamis (18/7/2024).


Rencananya, anggaran Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus bisa dialihkan untuk menjalankan program sekolah gratis. Terkait hal ini, pihaknya telah menyampaikan kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta.


"Mereka harus menganalisa dan mengkaji terlebih dahulu. Karena kita harus melihat orang-orang yang memang harus dapat bantuan," ujarnya.


Menurutnya, harus ada sekolah-sekolah yang ditunjuk untuk program tersebut. Menurutnya tidak mungkin sekolah swasta kategori menengah ke atas mendapatkan bantuan.


"Misalkan sekolah ini kondisinya memang sudah gratis, kita hitung berapa?. Karena jangan sampai yang seperti ini dimanfaatkan oleh sekolah swasta," ucapnya.


Sebelumnya, semua fraksi di DPRD DKI setuju atas rencana kebijakan sekolah gratis di Jakarta. Program itu menyasar khususnya ke sekolah swasta grade C dan D.


Penerapan sekolah gratis ini diusulkan Komisi E DPRD DKI dengan tujuan pemerataan pendidikan. Rencananya, anggaran Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus bisa dialihkan untuk menjalankan program sekolah gratis.


Comments


bottom of page