top of page
Writer's pictureSA

Legislator PDIP Heran Monas Tutup Sore Pakai Alasan Ring 1: Tak Pakai Logika


Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengkritik kawasan Monumen Nasional (Monas) hanya dibuka hingga pukul 16.00 WIB. Gilbert tidak bisa memahami alasan dari pengelola terkait jam operasional Monas hanya sampai sore karena menjadi kawasan ring 1.


"Saya tidak bisa memahami ada kota besar yang menutup area publik sore, di negara mana pun. Karena publik membutuhkan area tersebut," kata Gilbert kepada wartawan, Jumat (26/7/2024).


Dia mengatakan Monas sudah dari dulu masuk ring 1 karena berdekatan dengan Istana Kepresidenan. Dia mengatakan dulu Monas dibuka hingga malam.


"Area Monas dari dulu ring 1, itu pernyataan tidak pake logika atau abal-abal," ujarnya.


Gilbert menilai kawasan Monas layak dibuka hingga pukul 22.00 WIB. Menurutnya, masalah keamanan adalah tanggung jawab petugas.


"Saya kira itu layak (dibuka salam pukul 22.00 WIB), dan diberi hiburan untuk dapat dinikmati sore-malam hari. Dari segi keamanan, itu tanggung jawab petugas. Rakyat membayar pajak juga peruntukannya untuk keamanan," kata dia.


Gilbert juga menyinggung Jakarta yang minim area publik gratis. Dia mengatakan harusnya lebih banyak ruang publik yang gratis.


"Terlebih Jakarta bisa dikatakan minim area publik, pantai saja musti bayar di Ancol, justru di PIK yang milik swasta yang gratis. Itu melanggar hak masyarakat untuk menikmati area publik dan sepatutnya aturan itu diperbaiki," ujarnya.


Monas Cuma Buka hingga Sore


Jam operasional kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, hingga pukul 16.00 WIB, ramai dibahas pengguna media sosial. Pengelola Monas menjelaskan alasan jam buka kawasan ini dibatasi hingga sore.


"Ring 1, kawasan Monas berbeda dengan ruang publik lainnya," kata staf Humas UPK Monas pada Dinas Parekraf DKI Jakarta, Nursamin, saat dihubungi, Rabu (24/7).


Monas memang berada tepat di seberang Istana Kepresidenan Jakarta. Dia mengatakan Monas termasuk objek vital karena terletak di depan Istana.


"Monas termasuk objek vital karena merupakan halaman Istana,"kata Nursamin.


Sebagai informasi, kawasan Monas dapat diakses publik hingga pukul 22.00 WIB sebelum pandemi COVID-19 terjadi. Saat pandemi terjadi, area Monas sempat ditutup untuk umum demi membatasi penyebaran virus dan mencegah warga berkerumun.


Kawasan Monas kemudian dibuka lagi saat jumlah kasus COVID-19 di Jakarta mulai terkendali. Monas saat itu dibuka hingga pukul 16.00 WIB.


Jam operasional era pandemi COVID-19 ini tetap berlaku. Meski demikian, Monas akan dibuka hingga malam saat ada event tertentu seperti perayaan HUT Jakarta pada Juni lalu.



Comments


bottom of page