top of page
Writer's pictureaurelia josephine

Jakarta Dicoret dari Kalender Formula E 2024, Anggota DPRD Ini Nilai Heru Budi Lepas Tanggung Jawab


Anggota Komisi B Bidang Perekonomian DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menilai Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi lepas tanggung jawab sehubungan dengan dicoretnya Jakarta dari kalender Formula E Jakarta 2024. Sebab, Heru menyerahkan pembahasan perubahan jadwal Formula E tahun depan kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro).


"Pj Gubernur tidak bisa melepaskan tanggung jawab seakan-akan itu hanya B2B (business to business)," kata Gilbert saat dihubungi pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Sebelumnya, jadwal Jakarta sebagai salah satu tuan rumah Formula E 2024 dicoret dari kalender balapan. Jakpro meminta jadwal balapan diubah karena khawatir bakal ada Pilpres RI putaran kedua.


Jika ada pencoblosan putaran kedua, maka akan dihelat pada Juni 2024 alias bersamaan dengan bulan penyelenggaraan Formula E di Ibu Kota.


Merespons perubahan jadwal ini, Heru Budi menyatakan enggan ikut campur dalam urusan balap mobil listrik tersebut. Heru meminta Jakpro untuk bisa memberikan keterangan.

"Silakan B2B apakah itu mundur, menguntungkan, atau cari tanggal yang pas. Itu saya serahkan ke Jakpro," ujarnya pada Senin, 23 Oktober 2023 di Gedung DPRD DKI Jakarta.


Gilbert mengkritik jawaban Heru. Menurut dia, Heru seharusnya memberikan arahan yang jelas dan transparan kepada direksi Jakpro. Alasannya lantaran salah satu sumber pendanaan penyelenggaraan Formula E Jakarta berasal dari uang rakyat.


"Sudah terlalu sering Pj Gubernur cuci tangan soal ini," ucap Gilbert.

Politikus PDIP ini menilai perhelatan Formula E tidak menguntungkan Pemerintah Provinsi alias Pemprov DKI secara ekonomi. Menurut Gilbert, pengeluaran dan keuntungan yang diterima tak sebanding jika Formula E tetap dihelat di Jakarta.


"Kerugian itu akan makin besar, karena biaya penyelenggaraannya kan besar, tapi kembalinya enggak seberapa," ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD DKI Jakarta William Aditya Sarana mengingatkan agar penyelenggaraan Formula E tidak menimbulkan kerugian negara. "Jakpro harus bertanggung jawab dalam hal ini karena sudah business to business," kata politikus PSI ini.


Artikel ini telah naik tayang di tempo.co dengan judul "Jakarta Dicoret dari Kalender Formula E 2024, Anggota DPRD Ini Nilai Heru Budi Lepas Tanggung Jawab". Selengkapnya


Comments


bottom of page