top of page
Writer's pictureGA

Jadi Hutan Kota Terbesar di Jakarta, DPRD Dorong Revitalisasi Ragunan




Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, dari Fraksi PDI Perjuangan Boyke Hasiholan, menilai revitalisasi Taman Margasatwa Ragunan sudah menjadi suatu keharusan. Sebab, Ragunan menjadi aset penting yang dimiliki Jakarta karena menjadi hutan kota terbesar.


Menurutnya, fungsi Taman Margasatwa Ragunan juga sebagai ruang terbuka hijau (RTH) yang mudah diakses semua lapisan masyarakat.


"Revitalisasi Taman Margasatwa Ragunan memang sudah dilakukan secara bertahap hingga saat ini. Kita berharap, revitalisasi tersebut tetap dengan memperhatikan kesejahteraan satwa yang ada di sana," kata Boyke di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Dia menilai, Ragunan berfungsi sebagai sarana pendidikan dan rekreasi yang bersifat pendidikan lingkungan, flora dan fauna. Untuk itu, Politisi Fraksi PDI Perjuangan itu mendorong revitalisasi harus berfokus pada konservasi Margasatwa baru kemudian dilanjutkan ke ranah rekreasi.


"Ragunan diperbaiki dalam upaya untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung taman margasatwa satu-satunya di Jakarta itu," ujarnya.

"Saat ini, sarana prasarana seperti ketersediaan kandang masih kurang. Jumlah koleksi satwa juga terbilang belum mencukupi dibandingkan kebon binatang di kota-kota metropolitan di dunia," jelasnya.

Taman Margasatwa Ragunan atau juga disebut Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia.


Kebun binatang seluas 140 hektare ini didirikan pada tahun 1864. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen. Kebun binatang ini memiliki banyak spesies hewan yang langka antara lain kakatua, orangutan, gorila, anoa dan gajah. 


Comments


bottom of page