top of page
Writer's pictureDA

DPRD DKI Soal Usulan Petugas KPPS Jalani MCU di Pemilu 2024 Agar Tak Banyak yang Gugur: Kemahalan

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan, Dwi Rio Sambodo menyoroti usulan agar para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan

Suara (KPPS) menjalani medical check up (MCU) atau tes kesehatan yang komprehensif sebelum bertugas di Pemilu 2024.


Menurut Rio, jika seluruh petugas KPPS diharuskan menjalani MCU dengan APBD maka dirasa terlalu mahal.


Diketahui, untuk harga biaya MCU standar pemerintah yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.05/2014 yakni di angka Rp 757 ribu untuk kategori termurah.


Adapun jumlah KPPS di seluruh Jakarta pada Pemilu 2024 mencapai 215.362 jiwa. Mereka bakal bertugas di 30.766 TPS yang ada dengan formasi 7 KPPS di setiap TPS.


Menurut Rio, ketimbang dilakukan MCU kepada para KPPS, sebaiknya cek kesehatan hanya dilakukan sekadar mengambil sampel darah di Puskesmas dengan biaya yang relatif terjangkau.


"Soal cek kesehatan ada yang minimalis cek gula darah dan ada juga yang maksimal yaitu cek MCU. (Menurut saya) cukup ambil darah di puskesmas, puasa 8 jam harganya Rp110 ribu, nah mungkin itu bisa menjadi referensi.
Karena kalau MCU total kan itu selain mahal dan lama. Sedangkan kalau hanya ambil darah saja kan itu juga gavalid,"

Sementara itu, Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata menyebut usulan agar KPPS difasilitasi cek kesehatan yang komprehensif agar peristiwa memilukan di Pemilu 2019 tak terulang.


Dimana, pada Pemilu 2019 silam tercatat ada 31 petugas KPPS di Jakarta meninggal dunia dan 158 lainnya sakit usai bertugas di pemilu.

"Ini urgent karena kan di 2019 setidaknya ada 800-an KPPS (seluruh infonesia) yang meninggal. Di DKI ada 31 itu yang meninggal, baik saat sebelum, saat atau setelah pemungutan suara,"
Di pemilu sebelumnya hanya pakai surat keterangan sehat yang dikeluarkan puskesmas. Kadang-kadang kalau di puskesmas itu kan cuma ditanya-tanya aja sehat ga,"

Ia pun berharap dalam waktu dekat akan ada kesepakatan mengenai prosedur cek kesehatan dari Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan.


Sebab, Pilpres 2024 berpotensi digelar selama dua putaran dan akan ada Pilkada serentak pada November 2024.


Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul DPRD DKI Soal Usulan Petugas KPPS Jalani MCU di Pemilu 2024 Agar Tak Banyak yang Gugur: Kemahalan, https://jakarta.tribunnews.com/2023/11/28/dprd-dki-soal-usulan-petugas-kpps-jalani-mcu-di-pemilu-2024-agar-tak-banyak-yang-gugur-kemahalan?page=2. \

Comments


bottom of page