top of page
Writer's pictureDA

DPRD DKI Ingatkan Pemprov Banyak Aset Tidur hingga Dikuasai Warga, Bukan Malah Minta Beli Terus


Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Ima Mahdiah mengingatkan kepada Pemprov soal banyaknya aset mereka yang tak dimanfaatkan.


Hal itu disampaikannya saat Rapat Badan Anggaran Pembahasan APBD 2024 Gedung DPRD DKI Jakarta.


Ima mengatakan, temuan soal banyaknya aset Pemprov DKI Jakarta yang tidur kerap ditemui saat dia turun di daerah pemilihannya di Jakarta Barat.


Tak hanya yang dibiarkan terbengkalai, Ima menyebut banyak aset tidur milik Pemprov yang kemudian dikuasai warga untuk parkiran bahkan mendirikan bangunan.

"Di dapil saya di Jakarta Barat itu banyak aset-aset yang tidur, bahkan tidak dikasih plang yang akhirnya dikuasai warga. Ada yang dijadikan parkiran dan dijadiin tempat tinggal," kata Ima saat dikonfirmasi mengenai pernyataannya itu, Senin (14/8/2023).

Ima menyebut keberadaan aset tidur milik Pemprov DKI banyak terdapat di wilayah Kembangan dan Kebon Jeruk


Ia mencontohkan, adanya 22 aset Pemprov DKI yang tak dimanfaatkan di RW 10 wilayah Kebon Jeruk.


Di sisi lain, warga sebenarnya sangat membutuhkan ruang interaksi di area tempat tinggal mereka mulai dari lapangan, taman, maupun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).


Hal itu bisa terlaksana jika Pemprov mau memanfaatkan aset mereka yang ada.


"Karena yang aset tidur itu, saya bisa dapat di 1 RW itu ada 7 lahan.
Ada juga 1 di Kebon Jeruk, di RW 10 bahkan ada 22 lahan itu yang menjadi kontribusi dari satu perusahaan tetapi tidur dan tidak dipergunakan dengan baik oleh pemprov," kata Ima.

Karenanya, dia meminta Pemprov DKI fokus untuk memanfaatkan aset mereka yang belum terurus ketimbang terus meminta untuk membeli lahan baru.

"Pertanyaannya kenapa Pemda selama ini selalu mencari, membeli aset-aset padahal banyak aset yang tidur. Ini yang perlu disisir," ujarnya.

Dalam rapat banggar, Sekda DKI Jakarta, Joko Agus Setyono mengatakan, saat ini Pemprov sedang menyisir aset-aset milik mereka


"Kami saat ini memang sedang melakukan proses inventarisasi terhadap aset-aset yang tidak dimanfaatkan untuk bisa dioptimalisasi sehingga bisa menambah APBD," kata Joko.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul DPRD DKI Ingatkan Pemprov Banyak Aset Tidur hingga Dikuasai Warga, Bukan Malah Minta Beli Terus, https://jakarta.tribunnews.com/2023/08/14/dprd-dki-ingatkan-pemprov-banyak-aset-tidur-hingga-dikuasai-warga-bukan-malah-minta-beli-terus.

Comments


bottom of page