top of page
Writer's pictureDA

Cegah Stunting, Politikus PDIP Minta Pemprov DKI Buat Program Subsidi Daging dan Telur bagi Ibu dan

Cegah Stunting, Politikus PDIP Minta Pemprov DKI Buat Program Subsidi Daging dan Telur bagi Ibu dan Anak



Anggota DPRD DKI Jakarta Merry Hotma meminta pemerintah daerah memberikan subsidi pangan bagi ibu dan anak kurang mampu untuk mengurangi angka stunting di Jakarta. Merry menyarankan Pemprov DKI memberikan subsidi produk daging dan telur karena harga daging dan telur cukup tinggi.

"Harus ada subsidi pangan bergizi khusus anak lima tahun dan ibunya. Sama seperti KJP (Kartu Jakarta Pintar) saja,"

Selain itu, Pemprov DKI juga harus membangun data komperhensif mengenai kesehatan bayi dan anak. Hal itu diperlukan sebagai langkah preventif agar subsidi yang diberikan tidak salah sasaran.

"Jadi ada datanya dulu. Supaya dia dapat makanan sehat,"

Anggota Komisi E itu menilai menu makanan yang diberikan posyandu belum cukup memenuhi kebutuhan gizi anak dan bayi. Dengan budget Rp 10 ribu per hari nutrisi makanan belum tercukupi.


"Itu kan bukan makanan sehat di dalamnya. Rp 10.000 dapat apa? Makanya itu cuman kue-kue yang kurang gizinya, itu dari dulu begitu, itu juga perlu diangkat supaya Pemda memperhatikan,"
"Jadi paling tidak Rp 20 ribu lah itu sudah bisa makan ayam, sudah bisa nasi plus ayam atau telur dan daging sapi sudah bisa dengan Rp 20 ribu,"
Pemprov DKI juga harus mengawal penggunaan dana untuk Posyandu tersebut jika pada akhirnya anggarannya dinaikkan. "Jangan sampai dikeluarkan Rp 20 ribu, tau-tau dikeluarkan hanya 12 ribu karena dananya melekat di kelurahan,"

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyampaikan potensi kasus stunting di DKI Jakarta mencapai 14 persen. Menurut dia, jumlah tersebut sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BKKBN beberapa waktu lalu.



Artikel ini telah tayang di Tempo.co dengan judul "Cegah Stunting, Politikus PDIP Minta Pemprov DKI Buat Program Subsidi Daging dan Telur bagi Ibu dan Anak" https://metro.tempo.co/amp/1737833/cegah-stunting-politikus-pdip-minta-pemprov-dki-buat-program-subsidi-daging-dan-telur-bagi-ibu-dan-anak









Comments


bottom of page