top of page
Writer's pictureGA

Baguna DPD PDIP DKI Jakarta Berikan Bantuan ke Korban Kebakaran Manggarai




Kebakaran melanda pemukiman padat penduduk di Jalan DR Saharjo I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, pada Selasa, 13 Agustus 2024 kemarin. Musibah tersebut membuat ratusan rumah dan 3 ribu jiwa warga di RW 06 dan RW 12 kehilangan tempat tinggalnya. Warga pun mengungsi di tempat pengungsian sementara, salah satunya di SDN 05 Manggarai, yang mana tercatat ada 1.850 orang mengungsi di tempat tersebut.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta, Hardiyanto Kenneth beserta jajaran pengurus Baguna terlihat mengunjungi korban kebakaran di Jalan DR Saharjo I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, pada Kamis 15 Agustus 2024.


Dalam kunjungannya itu, pria yang disapa Bang Kent itu mengatakan, Baguna DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta turut berduka atas kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah di Manggarai itu.


"Kami Baguna DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta turut berduka atas musibah kebakaran yang terjadi di Manggarai, yang menghanguskan ratusan rumah dan ribuan warga terdampak menjadi korban. Duka korban kebakaran di Manggarai adalah duka kita bersama," kata Bang Kent dalam keterangannya, Jumat (16/8/2024).

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta itu pun memberikan sejumlah bantuan seperti sembako, seragam sekolah anak siap pakai dan sepatu. Ia pun berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi warga yang terdampak.


"Baguna PDI Perjuangan DKI Jakarta memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Manggarai, berupa ratusan sembako, ratusan seragam siap pakai dan sepatu untuk anak-anak korban kebakaran yang seragam dan sepatunya ikut terbakar, supaya mereka tetap bisa bersekolah. Kiranya apa yang kami perbuat ini bisa mendatangkan manfaat untuk Warga dan anak anak-anak korban kebakaran, tetap menjadi kewajiban kita semua sebagai makhluk sosial untuk selalu hadir dalam aksi kemanusiaan, apapun itu bentuknya," beber Bang Kent.



Kenneth pun masih teringat dengan pesan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri yang memerintahkan seluruh kader partai terus memperkuat gerak kemanusiaan melalui Baguna PDIP. Dengan kesulitan yang dialami rakyat saat ini, maka seluruh komitmen kerakyatan harus terus dilakukan dengan turun ke bawah.


"Pesan Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri, seluruh kader harus membantu rakyat dengan seluruh pikiran dan tenaga. Dan juga hindari sikap lupa pada rakyat saat sudah menjabat menjadi anggota dewan. Teruslah melakukan pergerakan turun ke bawah, untuk menangis dan tertawa bersama rakyat. Baguna DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta akan selalu berkomitmen, konsisten dan senantiasa dengan tulus dan ikhlas melayani para korban musibah korban bencana mau apapun bentuknya," ucap Ketua IKAL PPRA LXII Lemhannas RI ini.

Berdasarkan pernyataan Kepala BPBD Jakarta, Isnawa Adji penyebab terjadinya kebakaran di Manggarai bukan hanya berasal dari korsleting charger handphone, tapi juga beban listrik yang bertambah atau tak sesuai dengan daya listriknya.


Oleh karena itu, Bang Kent mengimbau kepada warga Manggarai agar memperhatikan instalasi listrik, agar kejadian serupa tidak kembali terjadi. Lalu, pihak maupun vendor agar melakukan maintenance kabel listrik di lokasi pemukiman warga yang padat penduduk.





"Pihak PLN ataupun vendor harus maintenance kabel listrik per enam bulan sekali, karena banyak kabel listrik sudah kendor, hal itu rawan terjadinya kebakaran. Maintenance per enam bulan sekali untuk menjaga electrical sistem selalu terantisipasi keamanan dan keselamatannya," beber Bang Kent.


Ia pun berharap kepada para korban kebakaran Manggarai, bisa dikuatkan dan kiranya diberikan kesabaran serta ketabahan dalam menghadapi musibah tersebut.


"Kami seluruh jajaran pengurus Baguna PDI Perjuangan Provinsi DKI Jakarta, rasa prihatin yang sebesar-besarnya untuk para korban, kiranya bisa dikuatkan dan juga apa yang kami lakukan ini kiranya bisa mendatangkan manfaat dan kebaikan, serta bisa menjadi penghiburan untuk para pengungsi korban kebakaran di Manggarai," pungkasnya.


Perlu diketahui sebelumnya, hampir 13 Jam lebih petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan melakukan pemadaman api, yang membakaran rumah warga di Jalan DR Saharjo I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Selasa 13 Agustus 2024.


"Pemadaman dinyatakan selesai pada sekira pukul 18.40 WIB, yang mana kebakaran dilaporkan pada sekira pukul 02.30 WIB, mulai pemadaman sekira pukul 02.44 WIB, dan proses pendinginan pukul 06.57 WIB," ujar Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Triyanto pada wartawan.


Setidaknya, ada 36 unit mobil damkar yang dikerahkan ke lokasi guna pemadaman dengan jumlah personal sebanyak 126 orang. Ada seluas kurang lebih 3,7 hektar yang terdampak kebakaran dengan jumlah warga terdampak sekira 1.457 kepala keluarga atau 2.997 jiwa.


Ada tujuh orang warga yang terluka imbas kebakaran tersebut. Mereka sejatinya mengalami luka robek dan terbakar karena hendak menyalamatkan diri dari kebakaran.


Menurut keterangan Katua RT 02/RW 06, Sukiman dugaan awal api berasal dari casan handphone di rumah salah satu warga. Handphone lagi dicas lalu meledak menyambar tempat tidur.


Dalam kasus ini, polisi sedang melakukan pengusutan untuk mendalami penyebab terjadinya kebakaran, sudah ada tiga orang saksi yang diperiksa. Untuk mengusut hal tersebut, polisi nantinya akan melakukan sejumlah rangkaian pemeriksaan terhadap sejumlah orang. Karena itu, jumlah saksi yang akan diperiksa akan terus bertambah.


Comments


bottom of page